Kesalahan Berfikir

Posted on Updated on

berpikirDalam menjalani hidup dan kehidupannya serta untuk membuktikan aktualisasi dirinya diantara sesama, manusia selalu menyempatkan diri untuk BERFIKIR baik dalam rentang waktu yang relatif sebentar maupun sepanjang hari.

Adapun bukti dan hasil dari buah pikiran manusia adalah tercipta dan terbentuknya beragam jenis karya yang telah, sedang dan akan digunakan dalam keseharian hidupnya😎

tapi .,
disadari atau tidak, terkadang buah fikiran akan menjadi sesuatu yang merugikan kala dibiarkan mengalir sendiri tanpa dibekali dan ditemani oleh HATI NURANI serta keluar dari rule dan aturan berfikir yang baik dan benar sehingga lambat laun akan berakibat pada timbulnya kesalahan serta kerancuhan😕

Beberapa KESALAHAN dalam berfikir :
Fallacy of Dramatical Instance
Bermula dari kecenderungan untuk melakukan Over Generalitation yaitu pola berfikir dengan menggunakan 1 atau 2 kasus untuk mendukung argumen yang bersifat umum atau general.

Contoh
Karena pernah disakiti oleh kakasihnya, seorang cewek ato cowok akhirnya berkesimpulan bahwa “semua cowok adalah buaya darat” atau “semua cewek adalah tukang seligkuh“.

pinguinFallacy of Retrospective Determinism
Hasil berfikir yang diakibatkan dari kebiasaan berasumsi bahwa peristiwa yang terjadi sekarang adalah bagian dari sejarah (historis) yang tidak bisa dihindari dan akan selalu ada.

Contoh
KKN dan pelacuran sulit dihapus dan dihilangkan karena sudah mendarah daging dalam perjalanan sejarah yang relatif panjang, sehingga yang bisa dilakukan adalah melakukan refleksi diri dan relokasi agar tidak berdampak pada sesuatu yang tiak diinginkan.

Post Hoc Ergo Propter Hoc
Sebuah kalimat panjang yang sulit untuk diartikan secara terminologi, hanya bisa diasumsikan sebagai bentuk berfikir dimana hasil sebuah akibat tidak sesuai dengan sebabnya tapi sangat dipercaya.

Contoh
Sebelum mempunyai anak cewek, sebuah keluarga hidup dengan serba kekurangan. Akan tetapi setelah sang ibu melahirkan anak cewek, kondisi keluarga itu berubah.

Fallacy Of Misplaced Concretness
Sebuah kerancuan berfikir yang dihasilkan dari sebuah kegiatan mengkonkritkan sesuatu yang pada dasarnya abstrak.

Contoh
– Anak itu bodoh karena sudah takdirnya
– Sudah menjadi takdirnya kalau keluarga A miskin

Argumentum Ad Verecundiam
Salah satu pola dalam mengeluarkan argumen dengan menggunakan otoritas, padahal sangat tidak relevan dan ambigu karena kebenarannya sudah diterima secara multak.

Fallacy Of Composition
Sebuah bentuk berfikir yang berasumsi bahwa sesuatu yang berhasil untuk satu orang dianggap berhasil juga untuk semua orang.
puzz
Contoh
Melihat sebuah keluarga menjadi sukses dengan cara menjual beragam souvenir, maka seluruh penduduk kampung beralih melakukan hal yang sama dengan menjual beragam souvenir.

Circular Reasoning
Pola berfikir melingkar dan berputar2 dimana menggunakan kesimpulan sebagai opini baru guna mendukung asumsi yang akan digunakan lagi menuju kesimpulan akhir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s