Internet Addicts

Posted on

Berbicara tentang internet memang seolah tiada habisnya, hal ini dipicu oleh kebutuhan manusia yang seolah sudah secara nyata dan lahiriyah menjadikannya sebagai bagian hidup yang tak terpisah😳

Berbekal ragam dan fitur yang bermunculan tersedia guna memenuhi kebutuhan manusia sehingga tanpa disadari telah menjadi suatu hal wajib untuk dikonsumsi dalam pergumulan hidup dan kehidupan.

Pun mengupas beragam hal negatif yang timbul dan bermekaran akibat pribadi2 yang miskin hati disebabkan rasa kurang siap menerima kemajuan teknokogi atau rasa kaget yang berlebih😆

Beragam resiko negatif pun bermunculan, mulai dari penyakit yang berdampak pada kesehatan tubuh seperti mata tegang hingga photolurking (sebuah kegemaran melihat2 foto orang lain), penyalahgunaan internet hingga timbulnya kejahatan via internet seperti :

  • Penghinaan dan pencemara nama baik
  • Carding (Pembelian di online shop dengan memakai kartu kredit orang lain)
  • Kejahatan berkedok pertemanan


Dan yang paling ditakutkan adalah timbulnya gangguan kejiwaan yang diakibatkan karena kecanduan internet dimana dipungkiri atau tidak telah menjalar pada pribadi2 tertentu😯

Beberapa diantaranya :

Online Intermittent Explosive Disorder
Sebuah gangguan mental berupa emosi meledak2 yang tak terkontrol, dimana pelaku sebelumnya terkesan baik2 saja dalam melakukan aktifitas komunikasi chatting atau berbagi komentar, tapi tiba2 berubah marah dan mengumpat dikarenakan ada sesuatu hal yang menyinggung perasaannya.

Low Forum Frustration Tolerance
Rendahnya toleransi terhadap diri dalam menyikapi kekalahan dalam sebuah forum, dimana pelaku sering mencari pelampiasan guna memenuhi hasratnya dengan segera. Dimulai dari menulis sebuah status atau postingan kemudian mengeceknya secara berulang beragam komentar yang masuk, adapun komentar berupa kritik akan segera dijawab dengan lugas guna mematahkannya. Pun kalau tidak ada komentar yang masuk, maka ia akan komentar sendiri baik menggunakan account palsu untuk meramaikan status dan postingannya.

Munchausen Syndrom
Suatu kondisi dimana pelaku menciptakan kebohongan atau kepura-puraan baik dengan meniru maupun menambahkan keadaan atau bencana hingga terlihat buruk dan terkesan menyedihkan sehingga mendorong orang lain untuk memperhatikan dan mengasihani.

Online Obsessive-Compulsive Personality Disorder
Suatu kondisi kejiwaan dimana pelaku akan tergoda dan merasa tertantang kala menemukan sebuah kesalahan dari layout, isi, tulisan status, posting atau komentar yang mana akan dengan segera diprotes dan dikoreksi dikarenakan merasakan ketakutan yang sangat dan terkesan tidak logis.

Low Cyber Self-Esteem
Suatu kondisi dimana pelaku menghargai dirinya sendiri dengan sangat rendah untuk mencari sebuah perhatian dan akan melakukan apapun guna mencapai perhatian itu dikarenakan adanya tantangan dalam pengaktualisasi dirinya yang introvert.

One thought on “Internet Addicts

    syaiful saja said:
    January 22, 2011 at 1:41 am

    waduh pak kalo saya masuk yg mana pak ha…ha…ha….^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s