Tsunami Terbesar Dunia

Posted on

Tsunami yang dalam bahasa Jepang berarti “ombak besar di pelabuhan” adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba😯 Adapun pengetahuan perihal penyebabnya sampai sekarang masih minim ., tapi beberapa hal yang diketahui adalah :

  • gempa bumi yang berpusat di bawah laut
  • letusan gunung berapi bawah laut
  • longsor bawah laut
  • hantaman meteor di laut

Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih😕😦


Beberapa Tsunami terbesar yang pernah terjadi di dunia😥
Tsunami Aceh
Terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 akibat gempa berkekuatan 9,1 hingga 9,3 skala Richter. Gelombang tsunami menyapu beberapa wilayah di Aceh, India, Sri Lanka, Thailand, Maladewa, dan wilayah Afrika Timur. Jumlah orang yang meninggal mencapai 226.000 jiwa dengan 166.000 jiwanya merupakan orang Indonesia.

Tsunami di masa Yunani Kuno
Diketahui merupakan tsunami pertama yang terekam sepanjang sejarah ditandai dengan meletusnya gunung yang berada di dekat Pulau Thera atau Santorini, dimana korban jiwa ditaksir mencapai lebih dari 100.000 orang.

Tsunami di Portugal, Spanyol, dan Maroko
Terjadi akibat gempa berpusat di dasar perairan Atlantik pada tahun 1755 dan menghantam kota-kota di Portugal, Spanyol, dan Maroko dengan kerusakan terparah terjadi di wilayah kota Lisbon dengan jumlah korban sebanyak 60.000 orang.

Tsunami Laut China Selatan
Terjadi pada tahun 1782 di wilayah Laut China Selatan dekat Taiwan yang disebabkan oleh gempa tektonik yang terjadi di dasar lautan. gelombang tsunami menerjang daratan hingga sejauh 120 kilometer dan menyebabkan 40.000 orang tewas karenanya.

Tsunami akibat letusan Gunung Krakatau di Selat Sunda
Terjadi pada tahun 1883 dan membunuh sekitar 36.000 orang dimana ditimbulkan oleh letusan Krakatau yang mencapai tinggi 40 meter dan menyapu setidaknya 165 desa di wilayah Jawa dan Sumatera (letusan gunung api yang terbesar dalam sejarah, menimbulkan suara yang begitu keras dan abu vulkanik yang bahkan tersebar hingga ke Australia).

Sumber :
1. Kaskus
2. Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s