Sehat Berinternet ., Hebat .. .

Posted on Updated on

Tidak bisa dipungkiri bahwa Internet benar2 telah menjadi kebutuhan primer manusia dewasa ini😉 hal ini diperkuat dengan fakta dilapangan, dimana mulai dari lapisan masyarakat paling kecil yaitu anak2, kaum pelajar dan pendidik, artis dan tokoh idola sampai lapisan paling atas yang terdiri dari para wakil rakyat (daerah – pusat), menteri serta presiden pun seolah tidak bisa lepas dari pengaruh internet.


Adapun kemunculan internet beserta segala kemudahannya dalam membantu manusia menyelesaikan beragam permasalahan telah menjadi nilai tersendiri. Betapa tidak, semua informasi yang dulu terkesan sulit pun kini bisa didapat tanpa susah payah bahkan seolah2 semua sudah disiapkan dan kita tinggal menikmati saja😛

Tapi dibalik beragam kemudahan yang disediakan, internet juga membawa dampak negatif yang kalau tidak dijaga, diperhatikan dan diwaspadai betul2 akan berdampak pada timbulnya bentuk kejahatan baru seperti tersedianya beragam materi dan informasi yang tidak sesuai yang bisa diakses siapa saja tanpa batasan umur, terjadinya HOAX, Cracking, Carding, Haking, Phising dan lain sebagainya.


Sebagaimana informasi yang saya himpun dari beberapa situs menyebutkan aneka ragam dan tipe kejahatan diakibatkan oleh penggunaan internet yang disalahgunakan😦 seperti :

  1. Beredarnya situs2 porno yang mudah diakses dan diunduh
  2. Kejahatan berkedok pertemanan di berbagai situs pertemanan
  3. Pembelian di online shop dengan memakai kartu kredit orang lain (Carding)
  4. Pembunuhan pasca chatting
  5. Penipuan berkedok penjualan barang
  6. Penculikan dan human trafficking
  7. Penghinaan dan pencemara nama baik melalui email, blog maupun situs pertemanan


Dengan munculnya beragam kejahatan baru via internet yang selalu mengelilingi kita, adalah tugas kita semua untuk meminimalisir perkembangannya yakni dengan bersama-sama melakukan sosialisasi baik kepada diri kita sendiri, putra-putri maupun keluarga serta bekerja sama dengan pihak2 terkait seperti Pengelola warnet, APJII, provider, pejabat daerah sampai pusat, menteri dan presiden perihal kiat2 dalam menggunakan internet yang baik dan sehat.

Sebagai contoh adalah merebaknya situs porno yang cukup meresahkan karena telah meracuni sebagian besar pola pikir dan jiwa generasi muda dengan kenikmatan semu😦 Memang sebagai tindakan preventif, muncul inisiatif untuk memblokir atau memfilter situs2 tersebut, tapi apakah itu semua sudah cukup .?

Kalau hanya mengandalkan program pemerintah yang bekerjasama dengan APJII dalam proses pemfilteran situs porno atau dengan menggunakan beragam fasilitas yang tersedia di internet seperti add-on firefox, DNS Nawala, Parental Control dll tanpa dibarengi dengan kesungguhan dari diri sendiri yang ada malah hanya “sebuah upaya pemberian paracetamol bagi penderita penyakit akut serta kronis“.


Jadi, langkah yang harus dilakukan demi mencapai cita-cita bersama dalam upaya mewujudkan gerakan internet yang sehat adalah dengan melakukan sosialisasi yang bermula dari diri sendiri perihal mana saja informasi yang baik dan buruk, pas dan tidak, bermanfaat dan tidak, hiburan dan penting. Dengan melatih diri memilah dan memilih informasi itulah selanjutnya bisa ditularkan pada putra-putri, keluarga, teman dan orang lain😉 karena masih banyak informasi penting yang bisa didapat dari internet untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita .. .

Sumber :

144 thoughts on “Sehat Berinternet ., Hebat .. .

    Vesuvius said:
    November 17, 2010 at 2:26 am

    kalo di tulis disini aj tp ga dipraktekan ya ga ada artinya….. klo bisa buat spanduk guede bwt ini…..biar banyak yang baca

    LFH said:
    November 17, 2010 at 2:32 am

    Ya, sependapat brother dimulai dari diri sendiri.

    Jenang Lowo said:
    November 17, 2010 at 3:00 am

    Berbicara tentang internet memang tak lepas dari kata kebiasaan, kita semua tidak bisa memungkiri banyaknya manfaat internet pada era global ini. orang bisa sakit olehnya, kadang orang bisa sehat. kadang juga bisa bikin kita terlihat hebat banget, dan juga bodoh banget. Tidak anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak, sampai kakek-kakekpun yang meluangkan waktu meskipun kadang kurang sehat hanya untuk ber-internetan.

    evrha27 responded:
    November 17, 2010 at 3:11 am

    @Vesovius : spanduk dan stiker sudah banyak beredar dikalangan masyarakat ., tinggal kitanya saja .. .

    @LFH : yupz .. . ayo mulai dari diri sendiri

    @JLowo : benar Bro ., tapi harus ada pengetahuan yang benar tentang penggunaan internet yang baik dan sehat guna meminimalisir terjadinya kejahatan via internet😉

    nothingwrongwithmylongblackhair said:
    November 17, 2010 at 4:26 am

    Semoga sukkseeeeessss🙂
    Jangan lupa mampir ke rumah saya mas!
    Internet sehat kitapun hebat😀

    gori said:
    November 17, 2010 at 5:56 am

    “gerakan internet yang sehat adalah dengan melakukan sosialisasi yang bermula dari diri sendiri”

    Nice quote for internet sehat

    evrha27 responded:
    November 17, 2010 at 6:29 am

    @Mariana : semoga sukses sll menyertai kita😉 ., insyaAllah aq akan mampir .. . disuguh’i yaaa😛

    @Gori : sippppppppppppppppppppp .. . ayo berinternet sehat dengan dimulai ddari diri sendiri ………. 😎

    XXX said:
    November 17, 2010 at 6:40 am

    hmm, kalo ga ada internet dunia ga semaju ini kayanyaa.
    info cepet tersebar keslruh wilayah dunia.
    thanks juga buat google haha

    ferabera said:
    November 17, 2010 at 7:05 am

    internet sehat dimulai dari akhlak yang sehat… se7 dengan memulai internet sehat dari diri kita,,^^

    najwaholik said:
    November 17, 2010 at 7:12 am

    kalo menurutku, internet yang sehat itu yang bisa menampilkan INFORMASI yang relevan, tidak sekedar menampilkan DATA saja. Ambil contoh lah tulisan anda dimana mengambil tema internet sehat tapi yang dipaparkan hanya data2 tentang penggunaan internet selama ini bahkan menjustifikasi pembaca bahwa seolah2 pembaca berada pada lingkup ” terkena dampak kejahatan internet”, lebih kepada itu pembaca akan tertarik membaca jika Informasi Internet sehatnya yang dibahas seperti pengalama anda berinternet yang sehat, kategori internet sehat menurut usia, keuntungan internet sehat…
    mungkin itu saja d supaya lebih mengena kepada pembaca🙂

    Adam abdu said:
    November 17, 2010 at 7:31 am

    Marilah KITA BANGUN ADAT BERINTERNET DENGAN SEHAT DAN NYAMAN ,. Agar Dapat MEMBANGUN generasi muda YANG SEHAT PULA,….

    ghea said:
    November 17, 2010 at 7:36 am

    intinya,,semua berasal dari diri sendiri dulu…karena sebanyak apapun langkah yang dilakukan oleh pihak” tertentu,namun dari diri sendiri tidak ada kemauan untuk menjaga diri..percuma saja….

    rachman getolohhh said:
    November 17, 2010 at 7:45 am

    ane punya tips gan bwt para orang tua :
    mengingat kebutuhan internet buat dunia pendidikan semakin urgent tidak ada salahnya mereka menyambung internet di rumah namun untuk berjaga-jaga supaya fasilitas internet itu tidak disalah gunakan oleh anaknya maka sebaiknya letak/posisi di atur sedemikian rupa supaya para ortu bisa leluasa memantau gerak-gerik si anak saat berinternet ria semisal komputer diletakan di ruang keluarga geto gan…

    Masgandhul said:
    November 17, 2010 at 7:51 am

    Untuk memulainya dengan mudah, bisa dilakukan dengan beberapa cara brow, antara lain:
    1. gunakan parental control (mau gratis atau berbayar terserah ente, yang penting legal)
    2. gunakan sistem operasi linux (sorry sebut merk, karena udah terbukti lebih baik)
    3. gunakan browser chrome (ah, sebut merk lagi), karena popup blokernya otomatis aktif
    4. Awasi anak, adik, saudara atau siapapun yang berinternet bersama dengan anda
    5. gunakan keylogger jika anti dengan parental control, untuk mengetes tingkat kejujuran, apakah bakalan ada yang akses situs terlarang atau tidak

    Berlin said:
    November 17, 2010 at 7:57 am

    Betul ntu , , ,
    kalo kejahatan via internet polisi gag bisa nangkap penjahatnya cz sapa coba yang mau di tangkap? komputernya kah ?

    evrha27 responded:
    November 17, 2010 at 8:14 am

    @XXX : yupz ., itu salah satu manfaat internet😉

    @Fera : setuja GAN klu AKHLAK SEHAT = INTERNET SEHAT😎

    @Najwa : wahhhhhh ., makasih banget masukannya Bro .. . InsyaAllah mulai aq lakukan itu di posting2 selanjutnya😛

    @Abdu : Ayo berinternet SEHAT dengan dimulai dari DIRI DENDIRI .. .➡

    camillanfeby said:
    November 18, 2010 at 1:33 am

    feby selalu internetan yang sehat🙂😀

    delfry said:
    November 18, 2010 at 1:41 am

    Internet Sehat terwujud dari setiap pengguna yang memiliki pikiran yang sehat ketika berinternet. Memang konten-konten buruk tidak dapat dihindari ketika anda sedang berinternet tanpa memandang usia, meskipun komputer anda telah ter proteksi oleh software firewall internet tetap saja ada konten2 buruk yang ditampilkan oleh browser,Jadi anda sendiri lah (> 17 tahun ) yang memproteksi diri , Kalau masih usia remaja dan balita sebaiknya orang tua senantiasa mengawasi dan membimbing. Dan orang tua jangan kaget kalo anak anda yang remaja berperilaku yang aneh akibat penggunaan internet yang tidak sehat.Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai internet sehat silahkan anda akses http://ictwatch.com/internetsehat/

    evrha27 responded:
    November 18, 2010 at 2:15 am

    @Ghea : setuja Bro ., semua harus dimulai dari diri sendiri .,

    @Rachman : boleh juga tuh idenya ., bisa diterapkan d rumah niH. itung2 meminimalisir teraksesnya unrated situs

    @Gandhul : mkasih bro tips”x .. . (aq coba GAN😉 )

    @Berlin : hahahhahahahhaha ., betul .. betul .. betul .. .

    @Camillan : wuiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih kereeeeeeeeeeen😉 bagi2 donk resepnya .???

    Oktah said:
    November 18, 2010 at 2:30 am

    butuh pendewasaan sikap supaya internetan sehat…
    semua serba mendukung… so do what we can do now….🙂

    JackGal said:
    November 18, 2010 at 2:33 am

    Talkless do more aja lah…, Lanjooott Gannn….😀

    ianndavina said:
    November 18, 2010 at 2:40 am

    .berarti, kita harus bisa berhati-hati dan pintar dalam menggunakan internet. .karena selain memiliki banyak manfaat, internet juga memiliki banyak kerugian. .
    .dan jangan sampai kita dirugikan dalam penggunaan internet. .

    aditya said:
    November 18, 2010 at 2:47 am

    gooodddd

    Bagus Rachman F said:
    November 18, 2010 at 3:03 am

    setuju, sepakat, dan sependapat sama artikel ini pak..
    yaa..meskipun pemerintah sudah berkoar-koar tentang pemblokiran dan segala macem tentang situs porno, toh masih bisa diakses free oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun.

    paling manjur ya bener kata bapak, mulai dari individu masing-masing.. pokoknya pintar-pintar memilah mana informasi yang sehat+bermanfaat n mana yang sama sekali tidak memiliki kegunaan dalam era globalisasi ini.. wkwk (terlalu lebay bahasa saya) hehe

    Eka said:
    November 18, 2010 at 3:28 am

    Nice tips bro. Internet sehat berawal dari pribadi yg sehat. Pribadi yg paham akan segi positif dan negatif akan mampu memfilter informasi. Berikan edukasi yg baik dan benar kepada keluarga, tmn2 kita. Dampingi keluarga kita pada saat mengakses internet. Jelaskan semua dampak yg mungkin terjadi apabila menggunakan internet (cyber crime, cyber bullying dsb). Tetap ber internet sehat!

    aryn said:
    November 18, 2010 at 3:29 am

    ya kembali dar pribadi masing”

    angga said:
    November 18, 2010 at 5:06 am

    Internet itu hanya fasilitas.. yang membuatnya menjadi sehat atau buruk adalah kita para penggunanya.. Mari kita bersama-sama membangun perilaku berinternet yang sehat…

    evrha27 responded:
    November 18, 2010 at 5:56 am

    @Re : aq sutuju ma statement “Internet Sehat terwujud dari setiap pengguna yang memiliki pikiran yang sehat ketika berinternet + makasih atas link’x😉

    @Okta : 1 clue lagie ., makasih atas “pendewasaan sikap“nya😎

    @Jagal : mangtaaaaaaaaaaz ., motto sederhana arti mewah ..
    @Iann : yupz ., betul .. betul .. betul .. .
    @Aditya : gooooooooooooooooooooooood .,
    @Bagus : makasih atas setuju, sepakat, dan sependapat’e😉
    @Eka : i do like your statement “Internet sehat berawal dari pribadi yg sehat”😎

    @Aryn : betul .. betul .. betul .. .
    @Angga : ayo … mari membangun perilaku berinternet yang sehat bersama🙂

    yahya n said:
    November 18, 2010 at 6:00 am
    camillanfeby said:
    November 18, 2010 at 6:25 am

    ya ga usah berfikiran yg mesum mesum, pak.. jadi ga kepikiran buka yg ga bener.. ^^

    evrha27 responded:
    November 18, 2010 at 8:25 am

    @Yahya : makasih😉 insyAllah saya mampir (disuguhi ya .. . )

    @Camillan : wahhhhhh berat juga yaa ., tapi patut dicoba tuh .. . sippppppppppppppp thank’s tips’e😛

    banklam said:
    November 18, 2010 at 2:56 pm

    KLo mau generasi muda bs berinternet sehat,generasi tua harus gaul tuh sama internet..
    Generasi tua juga hrus ngerti situs2 ap yg negatif biar ngerti knp generasi muda suka buka situs tersebut…*pembelaan :))*

    nuri said:
    November 18, 2010 at 2:58 pm

    internet bsa bermanfaat bila dpergunakan secara positiv….
    tetapi sebalikx jga bsa merusak bila dipergunakan secara negativ….
    .jdi blik kdiri sndiri ja……
    okok……..:)

    pradana dastan said:
    November 18, 2010 at 3:07 pm

    internet sehat?
    why not?

    evrha27 responded:
    November 18, 2010 at 3:18 pm

    @Banklam : wahhhhhh ., masukan yg bagus tuhhhh .. . biar generasi tua dan muda bisa sharing info dan memberi contoh yang baik😉

    @Nuri : benar tuhhhhh ., mo gimana pun (positif – negatif’x internet) bergantung pd orangnya ..😆

    @Pradana : OK ., just do it .. .

    rachman getolohhh said:
    November 18, 2010 at 3:28 pm

    klo cuma cara tips berinternet sehat rasane g cukup gan mendingan di posting juga tentang dampak berinternet ato dampak membuka situs2 XXX bagi kesehatan ato dampak bagi mental ato dampak bagi kehidupan sehari-hari biar yang sering buka situs2 XXX khawatir n ogah buka situs2 itu lagi gan!!!

    LFH said:
    November 18, 2010 at 4:54 pm

    Baca juga brother karyaku. Semoga bermanfaat

    bye-U said:
    November 19, 2010 at 7:38 am

    sudahlah, tidak dipungkiri lagi klo sekarang XXX itu sudah menjadi kebutuhan personil tertentu.
    tapi ada syaratnya loh : “jangan budayakan XXX”, cukup pribadi tertentu itu aja yang rusak.😀

    achmad said:
    November 19, 2010 at 7:39 am

    memang betul sih pak tapikan yang namanya sifat manusia yang selaaaaaaaaaaaaaaaaluuuuuu ingin tahu pasti akan muncul. oleh karena itu saya sarankan kalo maen internet harus ingat ALLAH ama yang di bawah.ok

    evie said:
    November 19, 2010 at 7:39 am

    internet memang penting untuk semua lapisan masyarakat,tpi perlu di awasi penggunaan nya…
    setiap product pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan,tinggal diri kita sendiri memanfaat kan product itu dengan baik dan benar… ^^

    Irul ajah said:
    November 19, 2010 at 7:45 am

    Setiap sesuatu memiliki plus minus..
    yeaa,,,pinter2 nya diri qta aja lah menyikapinya,,mana yg patut u/ digunakan atw malah ditinggalkan,,
    so ,,mulai lah dari diri qta sendiri,,OK,,??!

    evrha27 responded:
    November 19, 2010 at 7:52 am

    @LFH : sipppppppppppppp Bro ., langsung ke TKP😉

    ZAMY said:
    November 19, 2010 at 7:54 am

    itulah nikmatnya berinternet.
    Kiamat sudah dekat.
    smg selamat…

    Ivan said:
    November 19, 2010 at 8:06 am

    Setuju banget, internet itu memang sesuatu kebutuhan masyarakat. Namun harus disadari juga, bahwa penyalahgunaan internet dapat berdampak tidak baik. Tapi mau gimana lagi Teknologi itu tidak bisa kita hindari, pendekatannya bukan larangan, akan tetapi itu kembali pada diri masing” selaku pengguna harus bisa menaati hukum yang ada.”

    evrha27 responded:
    November 19, 2010 at 8:07 am

    @Rachman : sebuah usul yang bagusss ., dipertimbangkan GAN .. .😉

    @Bye-U : motto yg bagus Bro “Jangan Budayakan XXX”😎

    @Achmad : wahhhhhhhhhhhhh sebuah tips yang bagus ., makasih yaaa .. intinya adalah Ingat Allah😛

    @Evie : betul .. betul .. betul .. . mari kita manfaatkan (internet) dengan baik dan benar😉

    @Irul : yupz ., mari kita mulai dari diri kita .. . ..

    febry said:
    November 19, 2010 at 8:13 am

    klo tips internet sht rasax krg
    mendingan situs2 yg berbau porno i2 sgra di hilangkan aja
    ntar bsa membuat anak2 yg di bwh umur bsa menirukan atau dipraktekkan di kehidupan sehari-hari

    evrha27 responded:
    November 19, 2010 at 8:14 am

    @Zamy : wahhhhhhhhhh sipppppp pak, makasih sudah diingetin ., moga kita semua selamaaaaaaaaaat (dunia – akherat)😉

    @Ivan : setujaaa ., larangan bukan lagi menjadi metode yang pas dalam hal ini, tapi lebih kepada kesadaran diri plusss bimbingan dan arahan yang baik dari orang2 sekitar😉

    danang sukma | surabaya website design said:
    November 19, 2010 at 8:25 am

    info yang menarik mas maftuh. Bisa dikasih tips untuk berinternet sehat?

    KholiZzz said:
    November 19, 2010 at 8:47 am

    internet memng sudah menjadi kebutuhan smua masyarakat,disini peran keluarga, Sekolah,masyarakt(Operator Warnet) dan pemerintah sangat dibutuhkan dlm perkembangan anak2 penerus bangsa dalam menggunakn internet.keluarga misalnya memberikan arahan2 yg positif pd ank2nya, menyediakn internet di tempat yg terbuka dll..

    evrha27 responded:
    November 19, 2010 at 8:50 am

    @Febry : maunya sihhh gitu ., tapi ibarat “mencari jarum dalam tumpukan jerami” ya sesulit itu jugaaa pemberantasan pornografi😦

    @Danang : insyaAllah Bang ., tapi dari sekian banyak komentar yang ada semua pada ngasih solusi dan tips yang bisa digunakan tuk bertinternet sehat .. .😉

    ardhan said:
    November 19, 2010 at 9:00 am

    q dukung bapak selalu…

    wahyu sinyo said:
    November 19, 2010 at 9:06 am

    wah…bermanfaat banget neh..jadi menambah pengetahuan🙂

    evrha27 responded:
    November 19, 2010 at 9:16 am

    @Kholizz : betul .. betul .. betul .. . peran Keluarga, Sekolah dan masyarakat terbilang besar dalam proses hidup dan kehidupan kita .,

    @Ardhan : sipppppppppp, makasihhhh😉

    Hatta Sy said:
    November 19, 2010 at 9:35 am

    ternyata peluang munculnya ‘internet sakit’ lebih banyak dari yang saya kira, kriminal terbesarnya mungkin pornografi, tapi yang lainnya tak kalah jahat rupanya

    *sukses untuk kontesnya, mari saling mendukung sebagai bukti semangat kita berinternet sehat

    evrha27 responded:
    November 19, 2010 at 10:29 am

    @Wahyu : makasihhhhhhhhhhhhhhh😉

    @Hatta Sy : yupz ., benar tuhhh .. . prosentase “Internet Sakit” lebih bnyak daripada “Internet Sehat” .. .😦

    mari saling mendukung sebagai bukti semangat kita berinternet sehat

    bambang gembul said:
    November 19, 2010 at 12:08 pm

    internet memang penting bagi kaum pelajar apalagi di jaman globalisasi saat ini.Internet sangat berguna sekali.
    tapi, banyak yang menggunakan dgn hal yang buruk-buruk..

    aan said:
    November 19, 2010 at 12:28 pm

    ayo dong cak maftuh..bikin software pintar pencegah itu semua🙂

    jrstyo said:
    November 19, 2010 at 12:30 pm

    begini ya,semua kembali kepada diri kita,apkah kita bisa menggunakan internet itu dengan baik ato tidak,kita ambil positif nya saja.yang negatif kita buang,kita tdk mungkin harus kembali d zaman primitif d mna untuk mendapatkan informasi harus suusah setengah mati.internet juga bs di ibratkan dengan pedang bermata dua dmna suatu saat pedang itu dpt membunuh pengguna nya itu sendiri,.dan kita juga perlu membentengi diri kita dengan moral yg kuat,dan agma yg kuat,agr dpt menentukan mn yg baek dan benar,seperti kata ALBERT EINSTEIN “ILMU TANPA AGAMA BUTA,AGAMA TANPA ILMU PINCANG”
    tak cukup dstu orang tua da pemerintah harus memberikan sosialisasi tentang betapa pentingnya internet sehat,

    trims

    evrha27 responded:
    November 19, 2010 at 12:49 pm

    @Bambang : betul .. betul .. betul .. .
    @Aan : bukan’e nda’ mau Bro ., tapi sesulit membasmi para koruptor dimana Mati Satu Tumbuh Seribu😦

    @Tyo : Yupz ., iternet mang laiknya pedang bermata dua, klu tidak bisa memakainya dengan benar bisa2 malah berbalik mencelakai diri sendiri😦

    Syaiful said:
    November 19, 2010 at 12:50 pm

    internet itu ibaratnya pisau yg mempunyai dua sisi sama2 tajam yg bisa bermanfaat dan bisa menimbulkan mudarat semuanya tergantung kepada si penggunanya mau di bawa kemana (kayak judul lagu aja nie he…he…..) berinternet sehat siapa takut.

    resti said:
    November 19, 2010 at 1:08 pm

    siiipp…itu ntu udah di terapkan sm provider internet tempat aku bekerja loh…jd situs2 porno benar2 sudah di blok,gak bakalan bisa masuk dah..aman,internet sehat bersama ***

    Dian said:
    November 19, 2010 at 1:16 pm

    Semua kembali pada individu masing2, Memblokir atau memfilter situs2 yang dimaksud memang tindakan yg bagus namun tanpa disertai dengan KESADARAN dari masing2 invididu ya sama saja..
    Menurut saya, peran keluarga/lingkungan sekitar sangatlah BERPENGARUH terutama dalam memilah dan memilih informasi yang tepat untuk menambah pengetahuan dan wawasan mereka.

    evrha27 responded:
    November 19, 2010 at 2:18 pm

    @Resti : hehehehhehe ., percaya percaya aq😉

    @Dian : benar ukhti ., semua berawal dari KESADARAN DIRI yang telah dipupuk dengan baik dalam sebuah lingkungan dan terlebih lagi keluarga😎

    Ryan said:
    November 20, 2010 at 2:51 am

    keren,…
    waaa banyak komen,…

    Good buat internet…

    evrha27 responded:
    November 20, 2010 at 11:36 am

    @Ryan : makasihhhhhhhhh .,

    umi said:
    November 20, 2010 at 11:56 am

    betul bagt tu……
    bermanfaat n menambah pengetahuan kita ttg penyalah gunaan internet di jaman sekarang

    Syaiful Saja said:
    November 20, 2010 at 12:42 pm

    memang betul semuanya kembali kepada kitanya masing-masing dalam menggunakan internet tp trima kasih krn masih ada orang2 yg mau peduli tentang internet yg sehat ini

    liicha cridi:) said:
    November 20, 2010 at 12:42 pm

    .Berbicara tentang internet banyak manfaat yang kita peroleh .
    . tergantung dari individunya yang memakai .
    . dy mengunakan hal* yang bermanfaat atau yang tidak manfaat .
    . jadi semuanya tergantung diri sendiri😀.

    achmad yusuf sinatriya said:
    November 20, 2010 at 12:50 pm

    menurutku, kalo mau mbuka internet. lebih baik kita tau larangan2 berinternet. terutama kalo internetnya di luar jangkauan pengawasan ortu atw orang2 yg seharusnya mengawasi kita. paling tidak kita tau pelajaran agama tentang hal2 yg muba…..

    wsw36 said:
    November 20, 2010 at 12:57 pm

    saat ini orang tua juga harus lebih siaga menjaga anaknya..
    generasi muda juga harus lebih siap menjaga generasi berikutnya..
    karena niscaya hal semacam ini akan bertambah rumit dari generasi ke generasi..
    bahaya tidak hanya dari dunia nyata, karena dunia maya juga menghadirkan bahaya yang tidak kalah mengancam..
    banyak sudah contoh kasusnya (disebutin di atas :D),.
    memang solusi paling mutakhir untuk masalah ini adalah kembali pada pribadi masing” untuk sadar diri akan penggunaan internet untuk hal” positif dari pada untuk hal negatifnya..
    di sinilah iman dan hawa nafsu diuji kadarnya..😀
    he,,he,,

    evrha27 responded:
    November 20, 2010 at 1:00 pm

    @Umi : mkasih yaaa .,
    @Syaiful : betul .. betul .. betul .. . walau diri sendiri harus dijaga tapi kita tidak boleh lupa dengan orang2 yang meluangkan waktu, tenaga tuk peduli dengan Internet Sehat😉

    @Liicha : yupz ., internet sehat bergantung pada diri .. .
    @Yusuf : setujaaaaaaa .. .

    sifa said:
    November 20, 2010 at 1:23 pm

    sip sip…..
    semua itu tergantung pengguna internet itu sendiri…
    tergantung orang yang menggunakannya….

    reka said:
    November 20, 2010 at 1:28 pm

    kira kira ada gak si orang yang BENER BENER berinternet secara bersih?

    KholiZzz said:
    November 20, 2010 at 1:35 pm

    menurut gua sic,.,.,
    perlu adanya binaan internet sehat n akhlaq(agama) pd anag2 mulai usia dini(kanak2) biar lm2 terbiasa n bisa memilah mn yg bermanfaat untuk dirix..

    reka said:
    November 20, 2010 at 1:41 pm

    emangnya setiap orang itu tau gak sebernernya dia lagi ber internet secara “SEHAT” atau secara “SAKIT”

    evrha27 responded:
    November 20, 2010 at 2:52 pm

    @Sifa : setuja ukhti .. . 😉
    @Reka : klu masih kira2 ya ADA ., dan klu ditanya apa orang itu tau klu lagi berinternet SEHAT ato SAKIT .??
    jawabane beragam :

    1. Tau
    2. Tidak Tau
    3. Tidak Mau Tau

    @Kholizzz : setuja akhi ., klu pembinaan internet sehat sedari dini (kecil) — terutama akhlak —😛

    dian said:
    November 20, 2010 at 11:47 pm

    .kemaren aku baca d http://id.news.yahoo.com/antr/20101119/ttc-pemblokiran-situs-internet-tak-efekt-65082e6.html . Pemblokiran situs internet tidak efektif, mungkin pemblokiran tersebut bisa d lakukan sementara, tpi pemilik situs bisa langsung mengganti nama situsnya.

    onedha said:
    November 21, 2010 at 1:13 am

    baru kenal tu, bozzz…
    ma internet…
    tau kl pak net..
    heheheee..

    tergantung ma yg make, internet tu bermanfaat atau ndak.

    afif s.z said:
    November 21, 2010 at 1:15 am

    pkoe bismillah pak… moga sukses… hahaha

    Rizka said:
    November 21, 2010 at 1:21 am

    Bener itu mas,,intinya dimulai dari kemauan diri sendiri. Kl cm mengandalkan proteksi dari luar,blokir,dsb,,ya percuma kl dari diri netter masih menginginkan internet yg tidak sehat.
    karena itulah knp IPTEK harus selalu didampingi dg IMTAQ.

    ula said:
    November 21, 2010 at 1:40 am

    wis..wis.. tambah siip aja kamu tuch… lanjut GAN!!

    evrha27 responded:
    November 21, 2010 at 1:43 am

    @Dian : gimana mo efektif klu elemet terkait nda’ juga sadar fungsi😦

    • pembuat situs ato film nda’ mau berhenti
    • pemilik warnet takut nda’ dapet customer
    • user males ke warnet ato malah cari warnet yg masih nyediain

    @onedha : setujaaa ., beranfaat tidaknya internet bergantung si pemakai😉

    @Afif : Bissmillah .. .
    @Rizka : betul .. betul .. betul .. . kemajuan IPTEK harus dibarengi ma IPTAQ😛

    AJI said:
    November 21, 2010 at 1:50 am

    Setelah jaman internet bisa ada jaman apalagi ya…layal pristiwa isro’ n mi’roj Nabi tu,,langsung ngliat langsung dalam kacamata beliau…internet belum bisa bikin kita merasakan bagaimana tempat-tempat yang ada di dunia,,kalo bisa kan ibadah haji gak usah ke makkah.,..heheheehe

    AJI said:
    November 21, 2010 at 1:59 am

    Kalo internet sakit,,,siapa yangmengobati kawan???

    ical said:
    November 21, 2010 at 2:01 am

    Melihat perkembangan zaman yang seolah tidak bisa lepas dari internet, mungkin dikemudian hari bisa dibuat suatu kurikulum untuk sekolah dasar tentang pendidikan berinternet yang sehat, sehingga budaya internet sehat dapat dipahami oleh anak2 usia dini.

    evrha27 responded:
    November 21, 2010 at 2:08 am

    @Ula : makasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih .,
    @Aji : klu internet sakit ya dibawa ke klinik aja GAN .. .😉
    @Ical : makasih tretan ., sebuah wacana yang bisa dipertimbangkan tuk diaplikasikan tuhhhhhh .. .😛

    Ega said:
    November 21, 2010 at 3:05 am

    ayo berinternet sehat……

    miliader bermentalbaja said:
    November 21, 2010 at 4:52 am

    ane stuju ma ente, Internet emang skarang sudah hampir menjadi kbtuhan primer orang2, di tempat ane
    anak2 sd, smp apalagi sma tiap hari pasti maen fb wkkk
    blum lagi tugas tugas skolah ato kuliah yg mengharuskan nyari refrensi dari internet
    orang skeptis bilang : wah prah orang sudah kena dampak negatif internet
    orang positif bilang : ini bagus karena para remaja bisa jadi lebih mengenal dunia
    orang kreatif bilang : bagus ini jadi pluang usaha baru
    ha ha skarang tinggal kita mo lihat dari segi mana, karena kita lah yang akan menentukan
    thanks bhro artikelnya berguna be ge te bagi ane
    smoga menang yah
    salam blogger

    hafizen said:
    November 21, 2010 at 8:38 am

    bagaimana menjadikan aktifitas berinternet menjadi suporting kesehatan

    evrha27 responded:
    November 21, 2010 at 8:48 am

    @Ega : ayoooooooooooooooooooooooo .,
    @Miliader : Nice share bro ., n jgan sungkan tuk sering2 mampir k dunia ane GAN😉

    isna said:
    November 21, 2010 at 8:59 am

    sssiiiiippp . . .
    kita harus bisa menyaring mana yang baik dan buruk dalam berinternet..

    grvnt said:
    November 21, 2010 at 9:04 am

    kita hrs bsa berhati2 dengan internet. melalui internet juga budaya2 luar masuk dan merambat menghabisi budaya kita . banyak2nya budaya barat yang akhirnya mendominasi buadaya timur.

    evrha27 responded:
    November 21, 2010 at 9:07 am

    @Isna : sipppppppppp ., setuja aq😉 mari kita menyaring bersama guna merajut mimpi berinternet sehat .. .

    silvie said:
    November 21, 2010 at 9:13 am

    seeeeeeeeeeeeeeeeepppppppppppppppppppppppp

    isna said:
    November 21, 2010 at 9:15 am

    mange internet tuh bentuknya gimana seh?
    kok mau disaring..
    hhehe . .

    silvie said:
    November 21, 2010 at 9:16 am

    seeeeeeeeeeeeeeeepppppppppp

    evrha27 responded:
    November 21, 2010 at 9:20 am

    @Hafizen : dengan memilah dan memilih informasi dari internet .. .😉

    @Grady : yupz ., berhati2 = membentengi diri ..

    evrha27 responded:
    November 21, 2010 at 9:23 am

    @Silvie : seeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeep mbak .,😉
    @Isna : hahahhahhha ., bukan bentuk’e yg disaring😆 tapi informasinya lhaaaaaaaaaaaa .. . tul ga’ .??

    isna said:
    November 21, 2010 at 9:36 am

    trz model saringannya gimana?
    he he he . .

    evrha27 responded:
    November 21, 2010 at 9:41 am

    gimana klu dicoba aja semua ., mulai saringan minuman, pembersih kotoran sampe saringan buat menyaring ikan alias jaring .. .😛

    isna said:
    November 21, 2010 at 9:42 am

    hhaha . .
    bisa ajj..

    yessi said:
    November 21, 2010 at 9:51 am

    . y klau mnurut q sich
    . smuax ntu brgntung pd persepsi orngx msing” dya mwu brinternet sehat ap g?
    . tp,untuk mngatasi ntu smua jlan satu” yaitu dgn cra mmmbrkn larangan kras kpda smua pihak yg mmiliki wrnt agr tdk mnyediakn situs” yg aneh” n mmbrkand denda kpda pmilik wrnet yg mnyediakan situs” yg aneh”
    . krena smua anak yg brmain d wrnet tdk ad yg mlarang/mngawsi mlht situs” tsb,…. lebih” kalau anag kecil sdngkan kalau d rmh kan msh ad pngwasand dr ortu …??? .orng dwsa aj msh mlh alpalgi klog ang kecil gg tau ap”?

    eagustina67 said:
    November 21, 2010 at 10:05 am

    sehat dengan internet, waspada juga dengan internet….

    evrha27 responded:
    November 21, 2010 at 12:47 pm

    @Yessi : nice reason😉 mang sehat tidaknya berinternet bergantung pada si-pemakai .. .

    @agustina : nice share .. .😛

    eagustina67 said:
    November 21, 2010 at 2:26 pm

    maksih,,:)

    suliis said:
    November 21, 2010 at 3:06 pm

    Kerreeen buangeetzzz ,,,

    evrha27 responded:
    November 21, 2010 at 3:15 pm

    @Agustina : with pleasure ., jgn sungkan tuk sering2 to vist my world😎

    @Sulis : mkasihhh ..😉

    eagustina67 said:
    November 21, 2010 at 10:11 pm

    Insya Allah, low gk lupa..

    achmad yusuf sinatriya said:
    November 22, 2010 at 12:27 pm

    good luck pak…………..

    semoga orang2 yg berinternet itu sehat2 semua baik moral maupun tubuh (jasmani dan rohani / tidak gila)

    kumanbergigi said:
    November 22, 2010 at 12:32 pm

    berfikir sehat,makanan sehat,hidup sehat,INTERNET SEHAT

    bayu angga said:
    November 22, 2010 at 12:33 pm

    bagus2…… bermanfaat juga ternyata…..

    evrha27 responded:
    November 22, 2010 at 12:45 pm

    @Agustina : hehheeh ., q do’ain😉

    @Yusuf : amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiien .. .😉

    asgavo said:
    November 23, 2010 at 5:51 am

    nice thread, gue cocok ama nie blog……..😀

    asgavo said:
    November 23, 2010 at 10:12 am

    nice post,,,, truskan posting yg bermutu…..😀

    evrha27 responded:
    November 23, 2010 at 3:20 pm

    @Bayu Angga : mkasihh .,
    @Asgavo : hopefully usefull😉

    Tiar said:
    November 24, 2010 at 6:29 am

    baguuuuusssss!!!

    McDud said:
    November 24, 2010 at 12:14 pm
    isna said:
    November 25, 2010 at 1:58 pm

    Wuuiihh . . .
    wezz akeh yo..
    mga sukses pak..

    isna said:
    November 25, 2010 at 2:04 pm

    wuuihh…
    wez akeh yo..
    mga sukses pak..

    evrha27 responded:
    November 25, 2010 at 2:29 pm

    @Tiar : makasih .,
    @McDud : yupz ., setuja aq😉
    @Isna : amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiien😛

    adib said:
    November 25, 2010 at 3:01 pm

    keren pak..tapi syle saat Balas komennya kurang..hehe Mari kita berinternet sehat

    evrha27 responded:
    November 25, 2010 at 3:12 pm

    @Adib : ehmmm ., maklum lhaaa bawaan Theme😉

    nchiey said:
    November 25, 2010 at 3:25 pm

    hmmmmmm…
    pak klo bs postingn z yg lbih newer…
    ^,^
    ‘af1 lho pak

    Blognya anak padmanaba said:
    November 27, 2010 at 11:14 am

    halo salam kenal,

    waw ternyata ikutan kontes juga. Banyak juga ya yang ikut, semoga artikelnya berhasil dan sukses ya. Salam CNN_Network http://cahyanugraha.wordpress.com/2010/11/26/intenet-si-sumber-harta-melimpah/

    evrha27 responded:
    November 27, 2010 at 12:24 pm

    @Nchiey : OK😛

    @Cahya : amiiiiiiiiiiiiiiiiien ., makasih😉

    ichaa said:
    December 9, 2010 at 7:39 am

    siiipppp … bnr bgt mas🙂

    musician said:
    December 9, 2010 at 7:46 am

    jaman sekarang internet bukan lagi barang mewah ,malah dijadikan sebagai kebutuhan orang,smua dapat dilakukan dengan menggunkan internet mulai dari tranksasi ,komunikasi,pendidikan,dll
    internet merupakan sisi yng berbeda dengan dunia nyata atau yng biasa disebut dunia maya ,seorang anak pendiam di dunia nyata bisa mnjadi sangat famous d dunia maya ,ini mrupakan fenomena layaknya 2 sisi pedang,hal ini akan baik jikalau hal hal yng dcari bersifat pendidikan namun jika yng dicari adalah bersifat tidak baik seperti situs porno atau pun website website yang punya pngaruh sesat ,oleh karena itu peran orang tua sangatlah dibutuhkan untuk tetap mnjaga sang anak di dunia nyata maupun didunia maya ,,
    hidup internet sehat

    Ririn~ncyy said:
    December 9, 2010 at 8:17 am

    ya gtu ituh kalo internet d salah gunakan. .moga adanya artikel ini bisa buat orang” sadar buat pke internet dgn cara yg sehat. .🙂

    rizven said:
    December 9, 2010 at 8:18 am

    Wah, polisi unit Cybercrime harus kerja keras nih biar kejahatan di dunia maya khususnya di Indonesia bisa di atasi.

    evrha27 responded:
    December 9, 2010 at 8:24 am

    @Icha : makasihhh .,
    @Musician : setujaaaaaa ., Hidup Internet Sehat😉

    @Ririn : amiiiiiiiiiiiien ., hopefully usefull😎

    @Rizven : wahhh ., kaya’e se githuuu😆

    dian said:
    December 9, 2010 at 8:41 am

    .apakah bapak sendiri menggunakan internet dengan sehat❓

    Kurnia said:
    December 9, 2010 at 8:50 am

    yaa, tergantung juga seh.. kita juga harus pintar2 memilih situs dan artikel yang sehat dan aman untuk dibaca.. kalau enggak ya, malah jadi penyakit!! xDD

    Agung said:
    December 9, 2010 at 8:52 am

    banyak bgt nilai plus dari internet..
    tapi tidak bisa dipungkiri banyak dampak negatifnya..

    bagaimana memilah mana yang baik dan yg buruk itulah PR berat sampai saat ini…

    Winwin said:
    December 9, 2010 at 8:54 am

    Sipp… Sipp…
    Ane setuju banget pak Maftuchhh..,,
    Positif-negatifnya internet tergantung penggunanya, so… diri sendiri, orang tua, lingkungan terutama guru (jika disekolah) yang merupakan pendidik harus gotong royong dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat.
    🙂🙂🙂🙂

    agwin said:
    December 9, 2010 at 8:59 am

    Hem..,,,
    Dengan semakin cangggihnya teknologi, hidup memang lebih mudah. Tetapi jika tak bisa menyikapinya secara positif, maka teknologi akan menjadi momok yang menakutkan. Akan membobrokkan bangsa,.., Sippp pak..
    Moga menang🙂

    Winwin said:
    December 9, 2010 at 9:01 am

    Sipp… Sipp…
    Ane setuju banget pak Maftuchhh..,,
    Positif-negatifnya internet tergantung penggunanya, so… diri sendiri, orang tua, lingkungan terutama guru (jika disekolah) yang merupakan pendidik harus gotong royong dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat.
    🙂🙂🙂🙂

    mbah wowo said:
    December 9, 2010 at 9:04 am

    setiap sesuatu itu pasti ada nilai positif dan negatifnya,kita tidak mungkin bisa menghilangkan nilai negatif tersebut. yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir nilai negatif tersebut. sadar diri adalah kunci dari semuanya….moga kita bisa mengambil hikmah dari nilai negatif tersebut untuk menuju nilai yang positif.

    evrha27 responded:
    December 9, 2010 at 9:11 am

    @Dian : insyaAllah sambil dipraktekkan tuk berinternet sehat😉

    @Kurnia : betul .. btul .. betul .. .
    @Agung : yupzzz ., setuja klu proses memilih dan menilah itu PR yang berat . ..

    @Winwin : makasih ., ayo qt semua bergotong royong tuk berinternet sehat😉

    @Agwin : good statement .. .😛

    ael itu adel said:
    December 9, 2010 at 9:26 am

    emm..
    skrang internet msuk daftar kategori hidup 5sehat6sempurna
    1.maem
    2. minum
    3. ngemil
    4. bbug
    5. puph
    kurang smpurna 6. hape’an+internetan :p🙂

    chfajrin said:
    December 9, 2010 at 11:17 am

    kita dukung,,mas evrha27,,
    hip..hip..hura…
    kita galakkan (orang lain pengen jinakkin, ini galakkan) internet sehat..

    sakti nak Ta'mer said:
    December 9, 2010 at 11:26 am

    internet bersih, nabi senang allah bahagia karena umatnya tak ada yang melakukan hal negative .

    evrha27 responded:
    December 9, 2010 at 11:36 am

    @Mbah Wowo : Yupzzz ., setuja kang, hal negatif sulit dihilangkan dan yang bisa dilakukan adalah meminimalisir dan mengarahkan ke hal positif😉

    @Ael : baru tau aq ., 5 Sehat 6 Sempurna😛

    @Chfajrin : mari GALAKKAN internet sehat .. .

    @Sakti : nice thread “Internet bersih, Nabi senang, Allah pun bahagia”😉

    Silohk said:
    December 9, 2010 at 1:53 pm

    zmn skrng nie smua orng dr yg kecil hingga dewasa pd berinternetan..bagi yg uda tahu jika internet itu baik bg ,lanjutkan aj dweh phi jika jelek n mengandunk dampak negatif stop aj n jngn di lanjut dweh gnti dg yg baik..bgi anak2 yg lum tahu mana dmpk positif n negatif,sebagai ortu,kluarga,tman dll perlu memberikan mereka arahan n pengontrolan..*_**_**_*

    Internet Addicts « Dunia Cak Tuh said:
    January 22, 2011 at 1:31 am

    […] tubuh seperti mata tegang hingga photolurking (sebuah kegemaran melihat2 foto orang lain), penyalahgunaan internet hingga timbulnya kejahatan via internet seperti […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s