Ekspresi Cinta

Posted on

Menurut Gary Chapman, setiap manusia memiliki cara mengungkapkan cinta masing-masing. Namun, secara umum, ungkapan cinta itu terbagi ke dalam 5, yaitu:

  1. Words of Affirmation (ungkapan afirmasi)
  2. Bentuknya antara lain: kata-kata yang membesarkan hati, ungkapan dengan nada suara lembut, permintaan dengan kerendahan hati, atau pujian.

  3. Quality Time (waktu berkualitas)
  4. Bentuknya antara lain: memberikan perhatian penuh, kasih sayang dan menikmati kebersamaan. Menikmati kebersamaan ini bisa berupa komunikasi timbal balik (saling mendengar dan bercerita) dan melakukan kegiatan bersama (nonton film, bepergian, dll).

  5. Receiving Gifts (menerima hadiah)
  6. Bentuk ungkapan cinta ini adalah yang paling mudah dipelajari. Contohnya adalah memberi hadiah dan kejutan.

  7. Acts of Service (pelayanan)
  8. Pasangan tentu memiliki kesibukan atau pekerjaan masing-masing. Bentuk ekspresi cinta ini adalah dengan memberikan bantuan pada pasangan ketika sedang membutuhkan bantuan. Misalnya, suami membantu istri untuk mengurus anak, atau istri membantu suami ketika sedang mengerjakan pekerjaan. Namun pemberian bantuan ini hanya akan memperkuat rasa cinta jika dilakukan dengan senang hati, bukan karena rasa bersalah atau terpaksa.

  9. Physical Touch (sentuhan fisik)
  10. Sentuhan fisik yang dimaksud disini bukan melulu aktifitas seksual, melainkan bisa hanya berupa sentuhan di pundah, tangan, dsb. Bentuknya antara lain: pijatan, kecupan, menggandeng tangan, mengusap punggung, dll. Konon, ungkapan sentuhan ini sangat efektif dalam mengkomunikasikan cinta.

Bila pasangan memiliki cara yang sama dalam mengekspresikan cinta, hal ini tak akan menjadi masalah besar. Namun jika pasangan memiliki cara yang berbeda, tidak apa-apa. Pasangan tersebut haruslah mulai beradaptasi dengan cara mulai mengungkapkan cintanya sesuai dengan yang disukai pasangannya. Ingat! Penekanannya adalah dalam hal menyenangkan pasangan, bukan hanya memenuhi kebutuhan pribadi🙂.

One thought on “Ekspresi Cinta

    Bali Wedding said:
    September 17, 2010 at 5:10 am

    kadang setiap orang memiliki karakter yang berbeda dan sifat yang berbeda pula. ada yang berani mngungkapkan perasaan cintanya secara langsung, ada yang tidak berani mangungkapkan perasaannya cintanya bahkan hanya dipendam didalam hati…….

    nah terkadang perasaan yang dipendam ini yang menjadi masalah dalam dirir kita, jadi gak enak makan, gak tidur, perasaan serba salah salah karena itu tadi cinta yang belum terungkapkan………

    jadi lebih baik kita mengungkapkan perasaan cinta kita dengan cara apapun yang penting perasaan kita sudah terungkapkan mau itu nantinya diterima atau tidak oleh orang yang kita cintai itu urusan nanti. yang penting hati kita plong………hehehehehe

    Bali Villa Bali Villas Bali Property

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s