Hardware (3)

Posted on Updated on

Storage Device
Suatu media yang dapat menyimpan data secara permanen dalam jangka waktu lama dan bisa diambil atau dibaca kembali ketika dibutuhkan. Adapun tujuan utama storage adalah :

  1. Menyimpan data dan program dengan lebih permanen
  2. Alat pendistribusian
  3. Sebagai backup

Berdasar pada proses baca tulis data, storage dapat diklasifikasikan pada :

  • Sequential Access Storage Device (SASD) – Prosesnya lambat karena ketika digunakan untuk mencari data tertentu harus selalu dimulai dari awal
  • Direct Access Storage Device (DASD) – Dalam proses mencari dan mengambil data tertentu tidak perlu dari awal, tetapi bisa dilakukan langsung ke data yang dituju

Dari segi teknologi, dikelompokkan dalam :

  • Magnetic Storage : medan magnet — Floppy Disk dan Harddisk
  • Optical Storage : sinar laser — CD-ROM, DVD dan FMD
  • Removable Solid-state Storage Device : Menggunakan teknologi primary storage yang berkembang menjadi alternative baru — Flash Memory Card (USB)

Floppy Disk
FD (Disket) adl media penyimpanan berbentuk disk (cakram) yang terbuat dari bahan bersiafat magnetik. FD yang menjadi standart pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu : 5.25″ dan 3.5″ yang masing2 memiliki 2 type kapasitas “Double Density (DD)” dan “High Density (HD)“. FD 5.25″ kapasitasnya 360 Kb (for DD) dan 1.2 Mb (for HD), sedang FD 3.5″ berkapasitas 760 Kb (for DD) dan 1.44 Mb (for HD).

Jenis : Floppy 8 Inch, Floppy 5 ¼ Inch dan Floppy 3 ½ Inch dengan keterbatasan space penyimpanan yang cenderung kecil dibanding kebutuhan transfer dan strorage data yang makin besar membuat FD makin dijauhi oleh user karena kurang efisien.

Mini Disk
Ditemukan oleh Sony pada 1991 sebagai media penyimpanan beragam data khususnya audio file, tapi keberadaannya kurang diminati dewasa ini.

Zip Drive
Sistem penyimpanan data (storage) removeable yang diperkenalkan oleh Iomega Company pada akhir 1994 dengan kapasitas cukup besar yakni 100 Mb kemdian ditingkatkan lagi menjadi 250 Mb dan 750 Mb.

Harddisk
Perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan dalam kapasitas besar. Dengan semakin berkembangnya teknologi, bentuk harddisk pun mengalami revolusi dengan munculnya eksternal harddisk (portable).

CD
Di awal tahun 1983 sistem penyimpanan pada optical disk mulai dipekenalkan dengan diluncurkannya “Digital Audio Compact Disc“. CR-ROM terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti aluminium dimana informasi direkam secara digital sebagai lubang mikroskopis dengan menggunakan laser berintensitas tinggi kemudian ditutupi oleh lapisan bening. Proses penulisan data hanya bisa dilakukan sekali, untuk bisa melakukan beberapa kali penulisan bisa menggunakan CD-RW. Dengan bentuk relatif tipis dan kecil plus space 700Mb-730Mb memudahkan untuk dibawa dan menyimpan data dalam jumlah besar.

DVD
Generasi lanjutan dari media optical disc dimana DVD (Digital Versatil Disc) memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar hingga mencapai 9 Gb dan rata2 transfer data 1.321 Mb/s dengan rata2 Burst 12.5 Mb/s sehingga banyak dmanfaatkan oleh perusahaan music or film besar. Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki, semakin cepat penyaluran data yag dapat dilakukan. Format penulisan DVD (recordable) memiliki 6 versi :

  • DVD-R for General : sekali penulisan
  • DVD-R for Authoring : sekali penulisan
  • DVD-RAM : berulang kali
  • DVD-RW : berulang kali
  • DVD+RW : berulang kali
  • DVD+R : sekali penulisan

MMC dan SD
Secure Digital (SD) adalah sebuah format kartu memori flash yang digunakan pada PDA, Digicam dan HP. Dikembangkan oleh provider sekelas SanDisk, Toshiba dan Panasonic yang mengacu berdasar keberadaan Multi Media Card (MMC) dimana dalam perkembangannya diproduksi dalam 2 bentuk yaitu : MiniSD dan MicroSD atau TransFlash (T-Flash).

USB
Salah satu media penyimpanan yang menggunakan port USB ketika terhubung ke komputer. Bentuk kecil dan beragam serta space besar 512 Mb, 1Gb, 2Gb, 4Gb, 8Gb dan 16Gb menjadikan pilihan utama user dalam membeli memory eksternal karena selain simple, mudah dibawa dan dibongkar pasang.

HD-DVD
Sebuah format DVD berkepadatan tinggi yang di desain untuk menyimpan data termasuk video definisi tinggi yang dikembangkan oleh Toshiba dan NEC dengan kapasitas 3x DVD (15 Gb). Karena perkembangannya yang selalu diikuti ”perang format” dengan Blu-Ray dari Sony, maka pada 19 Februari 2008 Toshiba mengumumkan mengakhiri produksi dan pengembangan HD-DVD.

Blu-Ray
Media penyimpanan keluaran Sony yang dirilis pada 3 Maret 2003 dengan kapasitas sangat besar dimana satu single layer bisa menampung 25 Gb dan sekarang sedang dikembangkan format quad layer berkapasitas 100 Gb.

One thought on “Hardware (3)

    Satuan Data Komputer (Bit, Bytes …) | Dunia Cak Tuh said:
    September 8, 2014 at 6:12 pm

    […] kaitannya dengan komponen2 komputer laiknya […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s