Hardware (1)

Posted on Updated on

Elemen utama komputer yang berarti “Perangkat Keras” dan dilihat dari kegunaannya dapat diklasifikasikan ke dalam 4 bagian utama yaitu :

  1. Alat Masukan (Input)
  2. Unit Proses
  3. Media Penyimpanan
  4. Alat Keluaran (Output)

Input Device
Alat yang digunakan untuk memasukkan data or program guna diolah oleh komputer menjadi sebuah informasi.

Keyboard
Piranti masukan yang terdiri dari kumpulan angka dan huruf. Penciptaan keyboard diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868. Pada keyboard terdapat tombol-tombol khusus dengan fungsi beragam yang berjumlah 104 tuts.

Tombol2

  1. Tombol Fungsi – memberi perintah dengan lebih cepat (F1-F12)
  2. Tombol Alfanumerik – melakukan pengetikan (a-z, A-Z)
  3. Tombol Numerik – pengetikan angka (0-9)
  4. Tombol Kontrol – memindahkan kursor ke segala arah
  5. Tombol Modifier – alt, ctrl dan shift

Jenis – Serial, Port Serial (PS2), USB dan Wireless

Mouse
Perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan kursor dan menunjuk program or perintah pada layar monitor. Mouse digunakan pertama kali tahun 1984 sebagai perlengkapan standart pada Apple Macintosh. Jenisnya antara lain :

  1. Mechanical Mouse – menggunakan bola di bagian tengah bawah
  2. Optical Mouse – memiliki light-emitting diodes (LED) yang berfungsi seperti camera sehingga tidak bisa digunakan dipermukaan transparan karena dalam prosesi kerjanya menggunakan media cahaya


Camera
Salah satu device yang sedang marak digunakan, mulai dari memasukkan gambar sampai komunikasi online (chat).

Pointing Stick
Dikenal dengan TrackPoint dan bentuknya mirip penghapus di ujung pencil. Pada beberapa tipe keyboard tertentu seperti notebook IBM terletak di antara huruf G dan H.

Floppy Disk Drive
Piranti untuk membaca, menulis dan merekam data. Tapi dewasa ini mulai dijauhi oleh user karena dinilai kurang efisien dengan alokasi space yang sangat minim (1.44M b).

Pen / Stylus
Piranti berbentuk seperti pena yang berfungsi sebagai alat petunjuk pada media electronic pen.

Touchpad
Piranti berukuran 1.5 atau 2 inchi yang terletak dekat spacebar (spasi). Biasanya digunakan pada notebook dan menggunakan jari telunjuk pada touch-sensitive surface sebagai pengganti mouse untuk menggerakkan kursor.

Voice Input
Alat yang digunakan untuk merekam suara user dan mengubahnya menjadi file digital dan banyak digunakan dalam chatting atau pada reseptionis gedung, perusahaan dan RS.

Scanner
Alat yang digunakan untuk mengubah text or gambar menjadi gambar digital. Untuk bentuk dan size sangat beragam, mulai dari Barcode yang biasa dijumpai di Supermarket untuk identifikasi barang, kemudian Handheld yang diberi nama “Quicktionary” dan digunakan untuk menerjemahkan berbagai bahasa sampai jenis baru yang diluncurkan oleh WizCom Technologies Inc dengan desain menyerupai pena bernama “Quicklink” yang mampu menyimpan 1000 halaman text cetak.

CD dan DVD Drive
Sebagaimana fungsi FDD, CD ROM digunakan untuk membaca data “Compact Disk” dan “Video Compact Disk” sedang untuk merekam data menggunakan CD-RW. Selain itu ada DVD ROM yang bisa digunakan untuk membaca data CD, VCD plus DVD, sedang untuk merekam format DVD digunakan DVD-RW.

One thought on “Hardware (1)

    […] mayoritas kita masih awam dan terlihat kebingungan kala ada yang bertanya perihal spesifikasi dari perangkat keras (Hardware) komputer atau laptop kita […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s