Gangguan Kejiwaan

Gangguan jiwa adalah suatu keadaan dengan adanya gejala klinis yang bermakna, berupa sindrom pola perilaku dan pola psikologik, yang berkaitan dengan adanya distress (tidak nyaman, tidak tentram, rasa nyeri), disabilitas (tidak mampu mengerjakan pekerjaan sehari-hari), atau meningkatnya resiko kematian, kesakitan, dan disabilitas ;)

Klasifikasi

  1. Psikotik – Organik – Delirium, Dementia, dll
  2. Psikotik – Non Organik – Skizofrenia, Gg. Waham, Gg. Mood, dll
  3. Non Psikotik – Gg. Cemas, Gg. Somatoform, Gg. Psikoseksual, Gg. Kepribadian, dll

Beberapa macam gangguan jiwa :
Cartacoethes
Kemampuan untuk mengenal wajah di mana saja, tapi berubah pada sebuah mania dimana menjadi tekanan yang tidak bisa dikendalikan untuk melihat peta dimana-mana.

Gamomania
Obsesi aneh yang mengajak orang untuk menikah atau mengajukan pernikahan ke orang-orang berbeda pada waktu yang sama, menimbulkan terjadinya Poligami.

Onomatomania
Obsesi mengulang kata-kata khusus karena kata-kata itu mengganggu pikiran penderita.

Climomania
Climomania berasal dari bahasa Yunani yang artinya obsesi tidur semacam cinta pada kasur, bantal dan selimut :lol: dimana clinomaniac punya keinginan untuk berada di kasur secara berlebihan dan bisa sampai seharian, terutama kalau cuaca dingin.

Demonomania
Ketakutan berlebihan terhadap segala hal yang berbau demon (setan), baik dari buku maupun film yang mengakibatkan secara psikis si-penderita percaya bahwa dirinya diikuti, digentayangi hingga setan telah benar2 ada didekatnya.

Enosimania
Dikenal juga dengan Enissophobia (takut melakukan kesalahan besar) dan Enosiophobia (takut kritikan) adalah sebuah tekanan yang membuat penderita berpikir telah melakukan kesalahan atau mendapat kritikan yang tidak bisa dima’afkan.

Trichotillomania
Lebih dikenal dengan ‘trich’ adalah kelainan gerakan reflek dalam bentuk penyiksaan diri yang ditunjukkan dengan berulang kali menarik rambut, bulu mata, bulu hidung, jembut (buset), alis atau rambut lain, kadang-kadang menyebabkan kebotakan.

Ablutomania
Suatu kelainan dimana penderita mengalami ketakutan yang sangat terhadap “kotor” sehingga sering membersihkan tubuh terutama tangan secara berulang-ulang.

Aboulomania
Setiap detik kehidupan kita selalu dihadapkan pada sebuah proses memilih dan mengambil keputusan, tapi bagi penderita Aboulomania seringkali merasakan keragu2an dan ketidakmampuan dalam mengambil sebuah keputusan [bahkan yang sederhana sekalipun].

Doromania
Dorongan atau kesenangan tidak normal untuk memberi hadiah dimana penderita terobsesi memilih dan memberi hadiah (karena hal2 yang lebih kompleks).

About these ads

2 thoughts on “Gangguan Kejiwaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s